MENJAGA KOMUNIKASI JUAL-BELI SAAT PANDEMI COVID-19
Menjaga komunikasi juali-beli saat pandemi covid-19 - Berbicara tentang covid-19 tidak terasa sudah
hampir memasuki 1 bulan penuh covid-19 menetap di negara kita😭,
masyarakat Indonesia semakin panik terhadap wabah ini. rak-rak di toko sudah
mulai kehabisan bebeerapa barang seperti hand sanitizer dan masker. sekolah dan
kampus mulai menerapakan kebijakan pemebelajaran jarak jauh, kantor dipaksa
tutup sekurang-kurangnya selama 14 hari atau menerapakan sistem work from home
(WFH) dan pedagang kecil atau pedagang kaki lima serta warung-warung kecil
mulai resah untuk mencari penghasilan.
jika UKM (Usaha
Kecil Menengah) kamu mengalami penurunan pembeli (konsumen), kamu tidak
sendirian. menurut pusat penelitian New Independent Fundamentalist Baptist
(NIFB), hampir 1/4 pemilik usaha kecil mengataan bahwa wabah covid-19 berdampak
negatif pada penjualan. Penjualan menjadi lebih lambat sebesar 42% , distribusi
makanan terganggu sebesar 39% dan karyawan yang mulai sakit mencapai 4% dari jumlah
keseluruhan.
untuk
menanggulangi hal tersebut, ada banyak cara yang dapat kita lakukan di
era digital saat ini untuk tetap melakakukan usaha kecil kamu tanpa komunikasi
secara langsung dengan konsumen atau langganan kamu. konsumen kamu memang
menerapkan program pemerintah self-quaratine, tapi hal ini bukan
berarti kamu tidak bisa melakukan usaha kecil kamu dan memberikan pelayan
terbaik untuk kosumen.
saya akan memaparkan bagaimana jua-beli saat pandemi covid-19 dengan beberapa solusi cerdas dan tepat untuk kamu
dalam menjaga komunikasi non-verbal jual-beli saat pandemi covid-19 yakni ;
1.
Biarkan Konsumen Mengetahui Apa yang Kamu
Lakukan Untuk Mencegah Penyebaran Wabah Covid-19
Kamu
bisa memasang plang di toko atau warung kamu untuk meyakinkan mereka bahwa kamu
telah melakukan segala hal yang kamu dapat lakukan untuk menjaga kesehatan
konsumen ketika merika berkunjung ke toko kamu untuk tetap berjalannya jual-beli saat pandemi covid-19. Bagikan juga panduan
kebersihan, desinfektan dan cara kebersihan yang anda lakukan. Beritahu mereka
bahwa kamu menerapkan karantina kamu sendiri baik itu untuk wilayah toko maupun
aturan terhadap karyawan. Kamu juga harus memperhatikan karyawan kamu yang
kelihatannya memiliki gejala covid itu dilakukan jika kamu memperkejakan
karyawan. Kamu juga harus mekukan penutupan toko lebih cepat sebab akan
melakukan pembersihan.
Selain itu juga penting menghormati hubungan
dan dukungan kamu kepada pelanggan di waktu seperti sekarang. Minggu-minggu
ini, email atau pun notifikasi smartphone pelanggan
akan dibanjiri dengan pembaruan dari pandemi covid-19. Baik dari perusahaan tempat
mereka bekerja ataupun online shop kesayangan mereka. Untuk
itu, jangan mengeksploitasi krisis menjadi sebuah kesempatan yang
dilebih-lebihkan. Pakai bahasa yang lebih sopan dan coba lebih dekati apa yang mereka
rasakan.
Misalnya, Anda dapat mengirim email dengan
membuatnya secara pribadi dan sesingkat mungkin dengan pesan inti “Kami
di sini untuk mendukung Anda. Beri tahu kami bagaimana kami bisa membantu
Anda.” Intinya, tetap perkuat hubungan Anda dengan menanyakan kabar
mereka tapi jangan terlalu berlebihan karena bisnis tetap ingin menghormati
pelanggan.
2. Tawarkan Penawaran Online
Ini adalah waktu yang
tepat untuk memperkuat nilai dari produk yang kamu jual😄. Jika kamu dapat mengembangkan
promosi penjualan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di tengah krisis
Covid-19 ini, dengan sendirinya, pelanggan akan datang sendiri kepada bisnis
kamu. Sebaiknya, gunakan media digital saat melakukan promosi karena pelanggan
lebih banyak menghabiskan waktu dan beraktivitas di rumah, sebab konsumen
menerapkan self-quaratine.
Mereka
pasti menghabiskan waktunya untuk
melihat smartphone atau melihat TV sehingga mereka dapat melihat
penawaran yang kamu tawarkan.
Misalnya, teman-teman dapat membuat “buy-now”
promotion, atau push
notification di smartphone pelanggan dengan
tulisan “sending a great promotion to you.” atau kamu juga dapat
mengirim penawaran menarik ke email mereka👌. Cara ini adalah cara yang paling cocok digunakan saat melakukan bagaimana menjaga jual-beli saat pandemi virus.
3. Membuat
Sesuatu yang Unik
Contohnya, kamu dapat membuat video unik
dengan cerita yang unik, entah itu sedih, lucu bahkan konyol tentang pandemi covid-19 sehingga menarik
khalayak ramai untuk selalu ingin menonton video penjualan
Anda setiap Anda memposting di media sosial atau media lainnya.
4. Sediakan
Produk Sanitasi dan Pastikan Orang Tahu Dimana Harus Mencuci Tangan
Bagi pelanggang yang berkunjung ke toko kamu wajib untuk
mempraktikkan kebersihan. Sebagai pemilik toko haruslah meminta pelanggan untuk
mengikuti arahan dan pencegahan covid-19. Jika toko kamu memiliki kamar mandi
untuk pelanggan, kamu harus selalu mamantau ketersedian tisue, sabun dan hand
sanitizer untuk menjaga kebersihan.
5. Fokus Melayani Konsumen Kamu Melalui
Aplikasi Digital
kamu dapat mengunakan aplikasi akuntansi dan keuangan untuk memudahkan pelayanan konsumen kamu. Dengan demikian, kamu dapat mengirim faktur tanpa bertemu fisik ketika melakukan jual-beli saat pandemi covid-19, melakukan transaksi online, melihat stok barang dengan cepat tepat sehingga konsumen bisa langsung mendapatkan info terbaru terkait ketersediaan barang di toko kamu. Hal-hal ini mungkin terlihat dapat dilakukan secara manual , tapi nyatanya dengan cara digital pelayanan kamu dapat ditingkatkan menjadi lebih baik lagi banhkan lebih cepat.
6. Berpasrah Diri Kepada Allah
yaps, benar sekali tahap selanjutnya adalah berserah diri kepada Allah sebab saya, kamu, dan orang lain sudah mencoba berbagai cara untuk mencegah penyebaran covid-19 tanpa harus merugikan kita.
Semoga setelah membaca blog saya ini, saya berharap kepada kamu yang memiliki usaha keci ataupun menengah kembali semangat bekerjanya dengan cara menjaga komunikasi jual-beli saat pandemi covid-19 sekaligus melakukan usaha mencegah penyebaran covid-19. Saya juga akan menginformasikan sekilas tentang penyebaran covid-19.
11 April 2020
3,512 +219 Kasus
DIRAWAT2,924
MENINGGAL306
SEMBUH282
|
Nice syekale ,mantap
BalasHapusTulisannya sangat bermanfaat, terimakasih penulis:)
BalasHapusGuud
BalasHapusInformasinya sangat membantu,terimakasih♥️
BalasHapusHi...
BalasHapusKeren